rencana bangunan penelitian kelautan di bali

Posted by Admin | | Posted on 02.10

Rancang bangun Pusat Penelitian Kelautan di Kuta, Bali.

Tak lama lagi kawasan Pantai Kuta di Bali akan memiliki sebuah bangunan Pusat Penelitian Kelautan (Marine Research Center) yang megah dengan desain unik. Saat ini desain bangunan tersebut sedang dikerjakan oleh perusahaan Solus 4. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menjawab kebutuhan untuk penelitian tsunami dan persiapan dalam menanggapi kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi dan tsunami. Bangunan dengan luas 2.500 meter persegi ini direncakan akan didirikan dengan lokasi 150 meter dari garis Pantai Kuta. Desainnya sendiri dirancang untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan alam perairan dan memungkinkan bagi pengunjung dan para ilmuwan untuk mendapatkan pemandangan langsung yang alami di luar bangunan. Pusat penelitian kelautan ini terdiri dari laboratorium, kamar tidur bagi para ilmuwan, kolam air laut, perpustakaan, taman air, dan auditorium yang sebagian akan berada di atas permukaan laut dan sebagiannya lagi berada dibawah permukaan laut. Seperti tampak pada gambar.

Marine Research Center, Kuta, Bali

Desain bangunan ini berusaha menggambarkan dinamika gelombang dan pola gaya yang dihasilkan oleh gelombang air laut sebagaimana gelombang tsunami yang dating dari pusat gempa. Gaya gelombang, bila diterjemahkan ke pola linear, menginformasikan bentuk yang diintegrasikan ke dalam bentuk bangunan dan menghasilkan pola yang tampaknya muncul dari laut. Bentuk bangunan bertujuan guna menanggapi persyaratan fasilitas program untuk ilmuwan yang sedang bertugas dan para pengunjung.

Marine Research Center, Kuta, Bali

Sesuai dengan sifat universal laut, desain bangunan ini juga dimaksudkan untuk lebih mengefisienkan pemakaian energi. Panel kaca besar berbentuk kulit dan transparan pada bangunan tersebut akan dilengkapi dengan PV sel. Lokasi bangunan yang berdekatan dengan pantai sangat memungkinkan untuk pemakaian pembangkit listrik tenaga pasang surut air laut. Penampungan air hujan dan sistem konversi air laut digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bagi para penghuni bangunan. Air laut disirkulasikan melalui dinding bangunan akan digunakan sebagai sistem pendinginan pengatur suhu pada seluruh bagian bangunan.

Marine Research Center, Kuta, Bali

Bentuk bangunan yang unik dan fasilitas yang tersedia pada bangunan Pusat Penelitian Kelautan ini akan menjadi daya tarik pada studi ilmiah dan industri pariwisata di kawasan Kuta, Bali.

Comments (0)

Posting Komentar