Cincin Satusrnus Yang masih Dalam Misteri

Posted by Admin | | Posted on 16.36



Rhea, salah satu bulan kecil yang mengelilingi planet Saturnus, dulunya diketahui memliki cincin, seperti halnya planet Saturnus.

Tapi pada penelitian terbaru yang menggunakan gambar optic, perangkat itu gagal mendeteksi tanda-tanda struktur fisik yang mengelilingi satelit tersebut.

Rhea mengorbit mengelilingi Saturnus, yang menciptakan sebuah gelombang partikel ion dan telektron. Pada tahun 2005, para ilmuwan NASA menggunakan pesawat tanpa awak, Cassini, membaca tanda-tanda bahwa bulan tersebut dikelilingi oleh partikel-partikel tersebut.

Penjelasan yang paling memungkinkan bahwa sesuatu yang mengelilingi bulan Rhea adalah sesuatu yang bersifat fisik.

Tapi, analisis gambar yang diambil oleh Cassini antara tahun 2008-2009 gagal untuk menemukan bukti cincin yang mengelilingi bulan Rhea di planet Saturnus.

"Kami cukup yakin bahwa tidak ada materi padat di sekeliling bulan Rhea," ujar Matthew Tscareni dari Cornell University, setelah ia dan timnya menganalisis 65 gambar dari bulan Rhea. Demikian dikutip melalui National Geographic, Selasa (10/8/2010).

"Ini masih menjadi sebuah misteri," tambah Tiscareno mengenai masih belum jelasnya, apakah ada cincin di bulan Rhea atau tidak.

Comments (0)

Posting Komentar