berdendang sambil menjaga kesehatan

Posted by Admin | | Posted on 21.43



Bernyanyi tak hanya membuat Anda gembira melainkan juga meningkatkan kualitas kesehatan Anda. Maka rajin-rajinlah bernyanyi!

Bernyanti adalah salah satu bentuk olahraga, meski agak lembut. Saat bernyanyi paru-paru bergerak, meningkatkan denyut jantung dan tubuh dapat memompa darah lebih cepat. Semua itu membantu kesehatan fisik manusia.

Barbara Dinsdlay dari Heart Research UK menyebutkan bahwa menyanyi sama halnya dengan aerobik jika dikaitkan dengan kesehatan jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menyanyi mengurangi stres, memperpanjang umur dan perawatan kesehatan secara umum.

Menyanyi juga membawa kebahagiaan. Tidak mungkin orang bernyanyi dengan ekspresi wajah sama seperti saat tidak sedang bernyanyi. Jika tersenyum saat bernyanyi, maka orang akan segera merasakan manfaatnya.

Pemimpin International Music Education Research Centre di University of London Profesor Graham Welch yang telah menghabiskan lebih dari 30 tahun mempelajari efek bernyanyi mengatakan saat bernyanyi tubuh saling terintegrasi, baik dengan pikiran, sistem saraf, endokrin dan kekebalan tubuh.

"Fisik, mental dan emosional, ketiganya saling terjamin," ungkapnya.

Musik berlokasi di otak, Ini memunculkan hormon kesenangan dan menurunkan hormon stres seperti kortisol yang berkorelasi langsung dengan sistem endokrin fisik.

Saat benyanyi dalam grup atau komunitas, secara tidak langsung dapat meningkatkan harga diri. Ini juga meningkatkan spiritual dan membantu diri kita merasa lebih baik dan sehat.

"Menyanyi baik untuk segala usia, mulai dari balita sampai nenek-nenek, karena itu mulailah bernyanyi," imbuhnya.(tam)

Comments (0)

Posting Komentar