evolusi gajah makin kecil

Posted by Admin | | Posted on 20.06

“Mereka akan dengan mudah diserang oleh predator seperti hyena dan anjing hutan."
Setiap tahun, tinggi rata-rata gajah turun hingga 5 persen (wordpress.com)

Sejumlah ilmuwan yang bekerja di banyak kawasan di dunia telah menemukan hal yang mengejutkan. Diketahui, ukuran berbagai spesies gajah semakin lama semakin mengecil.

Dari analisa yang dilakukan para ilmuwan dari tahun ke tahun, mereka menemukan fenomena di mana mamalia raksasa itu semakin berkurang ukurannya hingga 5 persen per tahun.

Jika kecepatan penyusutan ukuran saat ini tidak berubah, ilmuwan berpendapat, dalam 30 tahun mendatang, tinggi seekor gajah dewasa di seluruh dunia hanya akan mencapai 1 meter saja.
Padahal, sebagai informasi, secara normal, hewan yang mampu hidup hingga 70 tahun itu bisa tumbuh hingga 3 sampai 4 meter tingginya.

“Ini sangat luar biasa dan tentunya cukup mengkhawatirkan bagi komunitas gajah,” kata professor Giles Blandwidth, ketua tim proyek penelitian gajah di Afrika Selatan, seperti dikutip dari New Scientist, 29 Desember 2010.

Jika ukurannya sudah sependek itu, kata Blandwidth, akan ada efek yang buruk terhadap kelanjutan populasi gajah di seluruh dunia. “Mereka akan dengan mudah diserang oleh predator seperti hyena, anjing hutan, atau bahkan babi hutan,” ucapnya.

Blandwidth menyebutkan, para peneliti kini sedang berupaya keras menemukan faktor penyebab mengapa ukuran gajah terus menyusut. “Kami berpacu dengan waktu untuk menemukan solusi terhadap masalah yang sangat penting ini, sebelum ukuran gajah menjadi terlalu kecil,” ucapnya. (moh)

sumber http://teknologi.vivanews.com/news/read/196458-gajah--hewan-raksasa-yang-terus-menciut

Comments (0)

Posting Komentar